Minggu, 25 Februari 2018

Why it "Start with why" ??



       Dahulu jika kita ingin memulai bisnis, pasti tujuan utama kita adalah barang laku terjual dan profit. dalam bisnis kuliner pun mungkin sama seperti itu, asal kita punya makanan yang kita buat rasanya "ENAK" lalu kita percaya bahwa produk kita akan laris ,dan membawa keuntungan untuk bisnis kita.

      Tetapi sekarang Hal seperti itu sudah tidak berlaku lagi, "Enak" itu relatif, saat ini "ENAK" saja tidak bisa menjamin Bisnis kita tetap bertahan, "lalu Kenapa tidak bisa bertahan?" jaman sekarang sudah banyak saingan, dengan berkembangnya teknologi informasi semua serba mudah, mudah untuk konsumen berpaling dari produk dan bisnis kita.

      Sebagai contoh warung kopi, jaman dulu misal saingan kita jaraknya 10Kilometer, mungkin konsumen sekitar kita akan memilih untuk membeli kopi ditempat kita, karena 10 Kilometer saat itu adalah jarak yang konsumen harus tempuh untuk mengetahui seperti apa warung kopi saingan kita, dan mereka tak mau ambil resiko pergi kesana dengan berharap kopinya lebih enak dari milik kita, sehingga merekapun tetap membeli kopi kita (faktor jarak tempuh dan waktu).

      Saat ini teknologi informasi sudah berkembang, jarak 10 kilometer bahkan ribuan kilometer bisa kita lihat dalam hitungan detik bahkan ada delivery service yang kita taj harus beranjak untuk dapat menimkati kopi yang kita mau, konsumen pun tak perlu kenal dengan orang yang datang ke warkop saingan kita, cukup dengan melihat review nya saja di internet, dan potensi kita kehilangan konsumen terbuka lebar (faktor jarak tempuh dan waktu solved).

      Dengan social media, konsumen bisa dengan mudah membandingkan tentang apa yang akan mereka dapat  selain kata "ENAK" untuk kopi, jika mengunjungi warkop saingan kita.

      Maka dari itu Kita harus menemukan faktor "WHY" atau kenapa konsumen akan lebih memilih produk kita, kenapa konsumen harus kembali lagi ke tempat kita, karena terkadang untuk bisnis Kuliner kata "ENAK" saja tidak cukup untuk menjamin bisnis kita bisa bertahan.

Gali lah sedalam mungkin faktor "Why" sebelom kita memulai bisnis kita.



inspired by Rex Marindo , creasionbrand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar